4 Cara Efektif Mengatasi Ketegangan Saat Bekerja


4 cara efektif mengatasi ketegangan saat bekerja - Aktifitas yang tidak kondusif di tempat kerja bisa menjadi pemicu timbulnya ketegangan dan berbagai tekanan yang bisa mengakibatkan stres bagi para pekerja. Bahkan tidak sedikit para profesional juga mengalaminya.

Banyak hal yang bisa menyebabkan ketegangan saat bekerja di kantor. Beberapa diantaranya bisa datang karena menumpuknya tanggung jawab kerja yang harus diselesaikan, tekanan yang luar biasa dari atasan atau adanya hubungan yang tidak harmonis dengan sesama rekan kerja.

Namun apapun yang menyebabkan ketegangan tersebut, Anda tidak boleh menjadikannya alasan yang bisa menghambat kinerja sehingga akan mempengaruhi produktivitas kerja. Jika pada akhirnya Anda benar-benar terjebak dalam kondisi ini dan terus membiarkannya, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan karir dan pekerjaan yang telah Anda rintis.

Silahkan baca 5 langkah menjadi seorang pekerja profesional

4 Cara Efektif Mengatasi Ketegangan Saat Bekerja

Nah, jika Anda tidak ingin kehilangan karir dan pekerjaan gara-gara masalah ini. Berikut ini 4 cara efektif mengatasi ketegangan saat bekerja sehingga karir dan pekerjaan Anda bisa terselamatkan.

1. Pahami munculnya sumber tekanan

Seorang pakar tenaga kerja pernah mengatakan bahwa menemukan dan memahami akar permasalahan adalah kunci untuk menyelesaikan ketegangan saat bekerja. Identifikasi akar ketegangan yang muncul, apakah datang karena tekanan atasan atau hanya masalah personal, sehingga setiap tekanan yang datang akan segera bisa di atasi dengan baik.

2. Prioritaskan pekerjaan Anda

Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk menghadapi tekanan jika pikiran sudah semakin tegang. Namun, disaat seperti ini jangan ragu untuk menetapkan skala prioritas. Pahami akar masalah yang menyebabkan Anda tegang, jangan ragu untuk membuang ketegangan itu jauh-jauh jika ternyata hal tersebut dapat mengganggu pekerjaan dan mempertaruhan karir Anda.

3. Berbagi dengan teman kerja

Salah satu cara efektif untuk mengatasi ketegangan saat bekerja adalah berbagi permasalahan dengan rekan kerja dimana Anda berada. Jangan pernah ragu untuk mencurahkan segala hal yang membuat Anda tegang pada rekan yang benar-benar Anda percaya. Berusaha untuk mengeluarkan segala ketegangan bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi masalah Anda.

Baca juga kekuatan tersembunyi dibalik persahabatan

4. Selalu berpikir positif

Dunia kerja mengharuskan para pekerja untuk berkembang. Namun beberapa pekerja justru memendam segala perasaan emosional mereka saat mendapat tekanan. Tanpa disadari hal inilah yang menyebabkan banyak pekerja tidak berkembang. Mereka cenderung emosional saat mereka dituntut untuk melakukan perubahan yang besar pada kinerjanya. Bersikap positif hal ini justru akan menjadi pelecut motivasi Anda.

Silahkan baca rahasia 5 sikap positif yang dimiliki orang sukses

Itulah tadi 4 cara efektif mengatasi ketegangan saat bekerja agar Anda tetap produktif dalam berkarya sehingga karir dan pekerjaan Anda bisa lebih sukses dan terselamatkan dari kehancuran.

Subscribe to receive free email updates: